Lentera ARA

Keluarga Kecil yang Penuh dengan Kebahagian dan Berkah

Mengatasi Kram pada Kaki May 15, 2007

Filed under: Health and Beauty — lenteraara @ 09:29

Penahkan Anda terbangun dari tidur malam dan merasakan kaki yang tiba-tiba keram? Tidurpun menjadi terganggu dan tak jarang masih terasa sakit di keesokan harinya. Kelelahan akibat aktivitas sehari-hari atau kekuranag kalsium, disinyalir menjadi penyebab ketegangan pada otot kaki ini.

*****************

Coba amati aktivitas anda sehari-hari dan jika kram tiba-tiba dating, cobalah mengatasinya dengan menarik bagisan kram kearah berlawanan secara perlahan. Tahanlah posisi tersebut selama beberapa detik sehingga ketegangan pada otot mengendur.

Setelah sakit reda, tak ada salahnjya melakukan pemijitan sekitar 5-10 menit di area kram untuk mengendurkan otot sekaligus memberikan kehangatan. Patut diketahu kram juag bias terjadi akibat kelelahan, seperti setelah berolah raga. Bila hal ini yang terjadi, bias dikompres dengan menggunakan ice pack di sekitar area kram, bukan tepat di atas area kram.

Mengingat sifatnya yang dating tiba-tibadan tidak disertai tanda sebelumya, tindakanpreventif pun diperlukan untuk meminimalkan kemungkinan hal tersebut terjadi. Berikut adlah beberapa hal tersebut diantaranya:
1. Mandi atau berendam dengan air hangat setelah beraktivitas seharian setiap kali sebelum tidur untuk mengendurkan seluruh otot yang tegang.
2. Lakukanpereganag sebelum tidur, namun hindari penegangan/meluruskan ujung jari kaki saat peregangan maupun tidur dan usahakan agar kaki-kaki anda tetap hangat selama tidur.
3. Hindari melakukan olah raga atau aktivitas berat secara tiba-tiba. Oleh karena itu, lakukan pernafasan secara benar sebelum berolah raga atau melakukan aktivitas fisik dan melakukan dan lakukan pendinginan setelah selesai. Hal tersebut akan memberikan kesempatan bagi otot untuk menyesuaikan diri sehingga tidak menimbulkan kram. Akan lebih baik jika pemanasan ini dilakukan setiap pagi setelah bangun tidur, dengan melakukan senam kecil.
4. Tak ada salahnya melakukan peregangan setelah melakukan satu kegiatan terus menerus dalam beberapa lama. Misalnya setelah duduk terus menerus di depan computer selama 2 jam, berada di dalam pesawat atau kendaraan yang memakan waktu lama atau berjalan kaki jarak jauh.

Jika kram terus terjadi dan dirasa makin mengganggu, tak ada salahnya utnutk berkonsultasi pada ahlinya.

(Sumber: Kompas, 13 Mei 2007)

 

24 Responses to “Mengatasi Kram pada Kaki”

  1. Tika Says:

    wah…. ntar di coba deh

  2. lenteraara Says:

    selamat mencoba … semoga bermanfaat

  3. Mudah-mudahan berhasil!!! Amen!!!!!!

  4. Nina Says:

    Wah thanks banget atas refrensi di atas. Kemarin sama persis kram waktu tidur, sakit sekali.
    Aku coba tipsnya.
    Thank you

  5. een Says:

    wah, makasih infonya…akhir2 ini saya kram juga …sangat membantu

  6. Chen2 Says:

    thanks banget booo. skrg q jadi ga terganggu tidurnye gara2 sering kram kaya dulu duloe

  7. satochid Says:

    biasanya saya lakukan engan menekan pada daerah kram
    misalnya pada otot dibagian kaki bawah jari2 kaki ditekankan kelantai untuk beberapa saat sampai kekejangan berkurang lalu lakukanlah jalan santai sebentar.

  8. tika Says:

    makasi banget ini adalah sangat membatu saya untuk mengatasi kram yang belakangan saya rasakan ini padalahalkan saya masih anak sma baru kelas X lagi

  9. Hani Says:

    Semalam kaki sebelah kanan kram, sakitnya bukan main. Tadinya g mau bangunin suami, tp gak tahan sakitnya akhirnya bangunin juga. Biasanya klo kram, cepat bgt diatasin oleh suami tp semalem g. lumayan lama, sampe nangis. takut urat kaki putus. Alhamdulillah setelah hati dibuat tenang dan kaki direnggangkan, sakitnya berangsur ilang. Mudah2an tips diatas bisa mengatasi sakit kram yg sering datang. menderita juga ya… Terima Kasih…

  10. Anggun Says:

    Tips yang bagus, ntar aku cobain. Thanks

  11. fitriana Says:

    saya mengalami kram pada kaki pada saat tertentu
    pas di belakang daerah lutut
    kadang yang buat saya tidak bisa jalan ampe beberapa hari dan kadang buat saya tidak bisa tidur

  12. HARRY SISWOYO Says:

    dulu2 sech ga pernah keram2, tapi setelah sering jalan pagi jadi suka keram kalau malam hari. sakitnya..wadduhh kalo ga ketemu slaagnya (cara antisipasinya) minta ampun…

  13. andre Says:

    semalam jg saya kram tiba2 waktu tidur,infonya ok nih..

  14. qori' Says:

    semalem aku kbangun gara2 kaki aku sebelah kanan kram.
    uh sakitnya minta ampun. ampe mau nangis..
    uc dech setelah membaca kutipan di atas semoga aku bisa mengantisipasi jika sutu saat kaki aku kram lage. tapi mudah2an gak terjadi lage.
    amin,,,

  15. linda Says:

    Tkas infonya angat berguna , saya akan cuba.
    bagaimana dengan sussu Anlene apakah juga bisa diminum?

  16. Galaktosa Says:

    Terima kasih atas informasinya..

  17. Archaeny Says:

    Makasih tipsnya..mudah-mudahan suami tercintaku bisa terbebas dari kram ..dan gak lagi bangunin aku tengah malam..

  18. meiliana Says:

    dari kecil saya sangat sering kram saat tidur. ternyata itu karena kurang kalsium darah ya? saya kira kurang vitamin B. mungkin harus mengkonsumsi kalsium lebih banyak… terima kasih.

  19. lezian Says:

    waduow, aq baca ini pas kakiku kram. skit bgt, mksh tipsnya.

  20. Abdul Rohman Says:

    Alhamdulillah, sangat bermanfaat, semoga Alloh membalasnya setiap kali siapa saja yang memanfaatkan artikel tsb., aamin.

  21. christiana siti Says:

    terima kasih infonya. saya sering kram pada betis di malam hari. biasanya saya berusaha turun dr tempat tidur dan injakkan kaki yg kram ke lantai pelan2

  22. dewi Says:

    good….good….good….good….

  23. auliarakhman Says:

    ane jdiin refrensi ya….,


Leave a Reply

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.