Lentera ARA

Keluarga Kecil yang Penuh dengan Kebahagian dan Berkah

Lomba Nasi Tumpeng August 22, 2007

Filed under: Catatan Harian — lenteraara @ 07:59

Sabtu, 18 Agustus 2007 adalah jadwal lomba nasi tumpeng antar RT di Komplek Anggrek 3 Grand Depok City. Dan Hasil tumpengnya akan di makan bersama seluruh warga di anggrek 3, saat acara malam puncak dengan panggung gembira.

Kami dari RT. 08, bersiap mengikuti lomba ini, emangsih kami belum ada yang berpengalaman bikin tumpeng, tapi nggak ada salahnya dicoba, sekalian menguji kemampuan membuat tumpeng. Lalu kami membagi-bagi tugas membuat makanan yang akan disajikan dalam tumpeng sampai menghias alas dan rankaian untuk tumpengnya nanti.

tumpeng-rt08-anggrek-3.jpg Karena budget untuk makanan di tentukan sebesar Rp. 100.000,- pertumpeng, maka kami hanya menyediakan menu yang cukup sederhana agar memenuhi budget. Adapun menu nya adalah orek tempe dibikin oleh Mama Fira, perkedel kentang yang dibikin seperti ayam-ayaman oleh Mama Indri, telur dadar tugas bunda, belado ati ampela dibikin oleh Mama Sri dan nasi tumpengnya tugas Ibu Heny, sementara hiasan nampan yang bikin Mama Ika dan dekorasi hiasan dibikin oleh Mama Fawas. Lalu jam 15.00 WIB, setelah nasinya matang lalu dimasukkan dalam cetakan tumpeng yang dipinjam dari temannya Mama Fira, kami mulai mencoba menghias.  

Susun sana ….. susun sini. Setelah di lihat-lihat kok sepertinya kurang meriah ya? terlalu sederhana. Lalu disepakati untuk menambah menu dengan sayur-sayuran, dan dengan cepat seluruh simpanan sayuran yang ada di setiap rumah dikumpulkan dan langsung direbus dengan ditambah bumbu pecal. Dan kembali disusun serta dilihat-lihat, kok ternyata tidak ada ayam kurang meriah ya? hahaha… untung Ibu Heny ada simpanan ayam goreng, lalu langsung di goreng dan di taruh di tumpeng…..

…… Taram … jadilah tumpeng RT. 08 yang sederhana, sepertinya lumayan juga jadinya, cukup manis dan representatif. Jam 17.00 juri datang untuk menilai beberapa bagian, dan ternyata baru RT kami yang tumpengnya selesai, sementara RT lain masih sibuk membuat/menghias tumpeng mereka. Jam 19.30 tumpeng diantar ke panggung untuk dinilai para juri.

Dan ternyata tumpeng kami tidak masuk sebagai pemenang, sedikit kecewa pasti, tapi walaupun begitu kami cukup senang dan terhibur, ternyata tumpeng kami menjadi favorite para warga, karena dari 6 tumpeng yang ada ternyata tumpeng kami yang paling laris, habis dimakan warga. Yah hitung-hitung pengalaman membikin tumpeng, Insya Allah lain waktu kami jadi lebih berpengalaman dalam membikin dan berkreasi tumpeng. paling tidak kami jadi punya keberanian buat membikin tumpeng sendiri ……..

 

4 Responses to “Lomba Nasi Tumpeng”

  1. vony ariesta p Says:

    Saya juga tinggal di anggrek 3 tr 07,Seayang waktu itu saya nggak datang ngeliat lomba ini,saya tertarik sekali dengan tumpeng yang anda buat,kbetulan saya senang iseng mencoba sesuatu yang baru seperti menghias tumpeng ini,kalau saya sudah melihat kreasi tumpeng yang ibu buat,
    saya ingin bertanya apakah ibu mempunyai foto tumpeng yang waktu itu juara pertama?kalau ibu punya berkenan saya ingin lihat untuk tambahan inspirasi,,,sebelumnya saya ucapkan terima kasih

  2. Dwi Says:

    Permisi Bu, saya sedang menulis sebuah blog yang isinya macam2 mulai dari gaya hidup, opini dan resep masakan. Salah satu entry yang ingin saya ulas adalah tumpeng. Boleh kah saya men-tag blog ini sekaligus mendownload gambar tumpeng ibu yang cantik ini? Saya tunggu jawabannya melalui emai. Terimakasih sebelumnya dan salut untuk blognya yang enak dibaca.

  3. lenteraara Says:

    silahkan saja …. senang bisa berbagi semoga bermanfaat

  4. bUk kApAn_kApAn bAgI_bAgI mAsAkAnNyA dOnK bUk,,???
    jAnGaN cUmA dIpAmErIn aJa dI iNtErnEt…!!!!!
    sAyA jUgA pInGiN NyObAiN mAsAkAn bUaTan iBu….
    sOaLnyA sAyA oRaNg yAnG sUkA mAkAn bUk….
    aPaLagI mAsAkAn yAnG dI bUaT iBuK, pAsTi uUuuUeeEEeennNNnnaaAAAkkkKKk bAnGeT,,,,,,?????
    oKe yA bUk????
    bAgI_bAgI gItU lOcH bUk…,,,,,
    oKeyyyyIIiiiii,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,


Leave a Reply

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.