Lentera ARA

Keluarga Kecil yang Penuh dengan Kebahagian dan Berkah

Kenal Lebih Dalam dengan Batuk May 15, 2007

Filed under: Health and Beauty — lenteraara @ 09:02

Siapapun tentu pernah terserang batuk, bahkan ada yang sampai hitungan bulan dan menyebabkan suara hilang sama sekali. Penyakit ini memang terhitung gangguan kesehatan yang paling “merakyat” atau dengan kata lain penyakit yang mudah dijumpai dan tidak pandang bulu, namun bisa mengganggu kualitas hidup.

Mengapa batuk mudah menyerang? Karena setiap kali kita menarik napas, sekelompok partikel asing ikut masuk ke dalam tubuh dan secara alami tubuh menjaga saluran pernafasan tetap bersih dengan cara batuk. Jika daya tahan tubuh lemah, virus dan bakteri akan mudah menginfeksi saluran pernafasan bagisan atas dan menimbulkan batuk. Batuk juga merupakan reaksi alergi akibat allergen yang tersebar di udara, kebiasaan merokok atau menjadi perokok pasif, terpapar polusi udara, sinusitis, dan infeksi paru-paru, seperti pneumonal atau bronchitis.

Batuk identik dan muncul bersamaan dengan flu atau influenza yang juga disebabkan oleh virus dengan cara penularan serupa. Pada saat seseorang menderita flu, cairan atau lendir yang terkumpul di rongga hidup dapat turun ke tenggorokan, yang merupakan bagian dari saluran pernafasan bagian atas. Virus yang menginfeksi pada saat gejala flu terjadi akan terbawa kesaluran pernafasan yang lebih bawah dan menyebabkan infeksi pada tenggorokan sehingga meradang. Hal tersebut akan merangsang produksi lendir pada tenggorokan, sehingga menimbulkan gejala batuk. Gejala seperti ini biasa dikenal juga dengan batuk berdaha.

Ada kalanya batuk yang disertai dengan gejala flu lainnya, seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin. Itu sebabnya, obat bebas yang ada dipasaran biasanya menggunakan kombinasi formula untuk meredakan batuk dan flu sekaligus.

Jika digunakan sesuai dengan aturan pakai, obat bebas biasanya sudah cukup membantu mengatasi batuk. Namun bila batuk juga disertai dengan demam tinggi, dahak yang kental, berbau atau berwarna kuning kehijauan dan mengeluarkan darah, sebaiknya segera hubungi dokter untuk pemeriksaan lebih jauh. Demikian pula jika batuk mengeluarkan darah, berlangsung lebih dari tiga minggu, kesulitan bernafas, terjadi pembengkakan wajah atau tenggorokan, serta timbulnya rasa sakit atau tertekan didada.

(Sumber: Kompas, 13 Mei 2007)

 

One Response to “Kenal Lebih Dalam dengan Batuk”

  1. Hans Susanto Says:

    Om, saya udah batuk kira2 2 bulan’an.. pernah sembuh sih terus nongol lagi. oiya batuknya satu paket sm panas.. dulu prnah cek ktnya Bronchitis trus terakhir cek ke RS ktnya Alergi Dingin, gmna yah ?? Emang sih, intensitas batuknya lebih di malam hari… kenapa ya ????
    TOLONG Masukannya Ya ……
    TRIMAKASIH =D…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s