Lentera ARA

Keluarga Kecil yang Penuh dengan Kebahagian dan Berkah

Kurus Bukan Berarti Bebas Lemak May 16, 2007

Filed under: Health and Beauty — lenteraara @ 08:31

Jangan berpuas hati dulu jika bentuk tubuh Anda termasuk langsing. Pasalnya kini para ahli menyatakan bahwa lemak yang bersembunyi di bagian dalam tubuh, terutama di sekitar jantung, hati atau pankreas, sama bahayanya dengan lemak yang ada di bawah kulit.

“Bertubuh kurus, bukan berarti Anda tidak berlemak,” kata Dr. Jimmy Bell, seorang professor molecular di Imerial College, London. Sejak tahun 1994, Bell dan timnya melakukan pemindaian (scan) MRI terhadap 800 orang untuk menetapkan lemak yang membuat orang menjadi gemuk.

Menurut data yang dihimpunnya, orang yang menjaga berat badannya lewat diet, bukannya olahraga, memiliki simpanan lemak di organ bagian dalam. Ini banyak terjadi pada orang yang termasuk golongan kurus. “Tampaknya definisi gemuk harus didefinisikan ulang,” kata Bell.

Para dokter khawatir orang berbadan langsing atau kururs merasa dirinya sehat. “Berbadan kurus tidak menjadikan Anda kebal terhadap diabetes atau resiko penyakit jantung,” kata Dr. Louis Teichholz, ahli kardiologi dari RS Hackensack, New Jersey, AS

Dalam penelitian yang dilakukan Bell, sebanyak 45 persen responden wanita yang memiliki nilai Body Mass Index (BMI) normal, Sedangkan pada responden untuk pria, prosentasenya mencapai 60 persen.

Dijelaskan oleh Bell, orang yang termasuk dalam golongan “kurus di luar, berlemak di dalam,” biasanya terjadi karena mereka banyak mengonsumsi makanan berlemak, dan mengandung gula, namun jumlahnya tidak terlalu banyak sehingga tidak menyebabkan mereka menjadi gemuk. Selain itu, mereka juga jarang berolah raga, sehingga kalori yang masuk lama-lama menjadi timbunan lemak.

Para ahli percaya, pada dasarnya kita semua secara alamiah memiliki tumpukan lemak mula-mula di sekitar bagian pinggang. Lalu lama kelamaan oleh tubuh lemak juga ditumpuk dibagian lainnya.

Kendati demikian, para ahli tetap mengatakan bahwa berat badan yang normal merupakan indikasi kesehatan, dan BMI merupakan cara perhitungan yang akurat. Untuk mencegah lemak bertumpuk di organ dalam, mereka menyarankan agar setiap orang untuk berolahraga, bahkan meski seseorang bertubuh kurus.

“Jika Anda hanya ingin terlihat kurus, maka menjaga pola pola makan saja sudah cukup. Namun jika tujuan anda untuk menjadi sehat, maka olahraga harus menjadi bagian dari gaya hidup,” kata Bell.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s