Lentera ARA

Keluarga Kecil yang Penuh dengan Kebahagian dan Berkah

Mengenal Tulang Belakang May 16, 2007

Filed under: Health and Beauty — lenteraara @ 07:03

posisi-tulang-tidur-copy.jpgBanyak orang bertanya mengapa badan terasa kaku dan pegal ketika bangun tidur? Atau mengapa ada seorang yang berusia lanjut yang jalannya masih bagus, sementara orang lain yang usianya lebih muda jalannya sudah agak bungkuk. Kuncinya ternyata ada pada tulang belakang.

Tulang belakang manusia normal terdiri dari 33-34 ruas tulang belakang, yang terbagi dalam 5 kelompok besar,

yaitu (1) tulang belakang cervical (vertebral cervical) terdiri dari 7 ruas tulang belakang, tulang belakang thoracal (vertebral thoracal) memiliki 12 ruas tulang belakang, (3) tulang belakang lumbal (vertebral lumbal) memiliki 5 ruas tulang belakang, (4) tulang belakang sacrum (vertebral sacral) terdiri dari 5 ruas tulang belakang, tulang belakang coccygeal (vertebral coccygeal) terdiri dari 4-5 ruas tulang belakang.

Sebuah unit tulang belakang terdiri dari badan tulang belakang (corpus vertebral), bantalan tulang belakang (discus intervertebral), saluran saraf tulang belakang (canalis medulla spinalis), saluran akar saraf tulang belakang (neural foramina/canalis radicularis), jaringan pengikat dan otot serta pembuluh darah.

Dari bagian-bagian tersebut, discus invertebral atau bantalan tulang belakang memiliki peran penting, karena berfungsi sebagai “peredam kejut” (shock absorber). Hal ini dimungkinkan oleh bentuknya yang sangat dinamis, elastis dan terdiri dari bagian yang banyak mengandung air, sehingga bantalan ini bisa mengalami tekanan dari segala arah. Seiring dengan bertambahnya usia, bantalan tulang belakang ini semakin berkurang fungsinya.

Gangguan tulang belakang terjadi antara lain karena bantalan tulang belakang tidak berfungsi dg baik. Maka diusahakan agar pada saat tidur, tekanan pada bantalan tulang belakang berkurang, sehingga memungkinkan tulang belakang melakukan rehidrasi. Hal tersebut akan membuat elastisitas discus invertebral tetap terpelihara.

 

4 Responses to “Mengenal Tulang Belakang”

  1. sarah Says:

    saya penghidap penyakit petumbuhan tulang belakang tidak normal… kadang-kadang saya rasa sakit dan susah nak bernafas. bila saya rujuk pada doktor, doktor hanya cakap itu perkara biasa… tapi sekarang saya semakin kerap sakit belakang. bila saya berlebih aktif saya akan sakit.. penyakit ni tidak oleh dirawat dan ini adalah kecacatan seumur hidup… saya sedih tapi saya tahu di sebalik ini ada hikmah yang tidak ternilai hebatnya, saya redha tapi kadang-kadang saya sedih bila adik-beradik saya yang lain mengejek saya,, dan yang saya paling sedih bila mak saya pun sering mengenengahkan isu kecacatan saya ini,,, mak saya juga selalu mengejek saya. saya sedih sangat tapi saya hanya senyum hadapi semua tu,,,,,,, ermmm saya nak sangat tahu lebih lanjut tentang penyakit ni,,,,

  2. sarah Says:

    tulang belakang adalah sesuatu yang amat penting dan perlu dijaga.. penjagaan tulang belakang perlu diambil berat. sekali tulang belakang rosak ia akan membawa effect seumur hidup.

  3. Rosedesy Says:

    Dear Friend,

    Saya juga telah divonis mempunyai tulang belakang.
    alias Scoliosis Thoraco Lumbal .. dan derajat kemiringannya cukup serius.. saya telah berobat ke dokter RSCM.
    mereka sarankan saya untuk operasi , karena menurut sudut kemiringan (cob) thorac yang mencapai 55% sudah tidak mungkin lagi diterapi.
    tapi saya ga percaya, sy melakukan second opinion ke RS SIaga Raya yang kebetulan adalah RS specialis untuk Tulang .
    dokter sofyan yang menangani saya, beliau bilang saya tidak mungkin untuk dioperasi dengan usia saya yang 23tahun (tidak ada lagi masa pertmbuhan)
    saya disarankan untuk berenang 2 kali dalam seminggu dan saya minum HI BONE (1×1)
    Puji Tuhan rasa sesak yang menggangu sangat mengganggu saya semakin berkurang dan penonjolan tulang belikan sudah semakin berkurang.

    apakah ada hal lain yang bisa saya lakukan untuk mengurangi cob kemiringan thorac dan lumbal saya ?

    • henicaroko Says:

      mungkin ini terlambat, tp krn saya baru baca, setidaknya saya berusaha sharing info. Ada terapi yang terbukti bagus untuk masalah tulang punggung : NUGA BEST dan CERAGEM. yang cocok adalah terapy yang disertai urut tulang punggung (Nuga best : NM 4000 dan NM 5000, Ceragem : Master bed). Semoga membantu. Salaam.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s