Lentera ARA

Keluarga Kecil yang Penuh dengan Kebahagian dan Berkah

Tak Perlu Khawatir Keramik Tergores June 14, 2007

Filed under: Tips & Trick — lenteraara @ 05:03

Agar interior rumah tampil lebih menawan, kini banyak orang menggunakan keramik. Bukan Cuma untuk lantai, berkat motif yang bermacam-macam, aplikasi keramik juga semakin beragam. Namun, banyak orang merasa khawatir menempatkan keramik, takut tergores dan menjadi jelek. Akan tetapi hal itu tidak perlu lagi berkat teknologi yang memungkinkan keramik tahan gores.

Untuk menciptakan nuansa yang berbeda, banyak orang mencoba menggunakan bahan bangunan alternatif. Sebut saja, untuk menghadirkan nuasa alam bermotif kayu, maka digunakan kayu. Atau bahkan menggunakan bahan-bahan seperti lapisan bambu atau besi. Sayangnya, bahan-bahan tersebut memiliki kelemahan yaitu kayu akan lapuk dimakan rayap, sedangkan besi dimakan karat. Belum lagi kalau terkena air atau api.

Keramik dapat menjadi alternatif yang menjanjikan bagi para creator desain ruangan. Pasalnya bahan bangunan yang satu ini dikenal sanget awet, tidak hancur diterjang banjir, tidak berkarat atau lapuk dimakan rayap, serta tidak hangus dilalap api. Bukan hanay itu, teknologi pembuatan keramik terkini-dikenal dengan teknologi Gres-mampu menghasilkan ragamkeramik yang sangat variatif, baik dari warna, bentuk, ukuran, serta teksturnya, sehingga sangat memanjakan para desainer interior.

Kehangatan ruangan bernuansa kayu tak lagi harus menggunakan kayu asli, tapi dapat menggunakan “kayu tiruan”-yaitu keramik deng amotif kayu. Sekilas pengamat yang tidak teliti mungkin akan tertipu, namun setelah diraba baru ketahuan bahwa dinding yang semula dikira kayu ternyata keramik. Teknologi Gres juga memungkinkan keramik menyerupai tekstur dan warna kayu, bambu, baja atau marmer dan batu candi.

Keunggulan teknologi Gres bukan hanya keragaman hasil cetakan, tetapi juga menyangkut kualitasnya, Keramik yang diproses menggunakan teknologi ini dibakar pada suhu yangsangat tinggi, yaitu 1.210 derajat celcius, yang membuat pori-porinya sangat kecil dan daya serap air sangat rendah. Hasilnya daya tahan terhadap tekanan (bending strength) lebih tinggi disbandingkan keramik biasa.

Selain itu, permukaan keramik ini juga dilapisi glasur terbaik sehingga lebih tahan terhadap goresan, gumpil atau retak. Jadi tidak perlu lagi khawatir menggunakan keramik pada area-area yang sering dilalui, seperti ruang keluarga. Menempatkan benda yangrelatif berat juga tak perlu takut-takut, karena keramik ini tidak akan tergores.

 

One Response to “Tak Perlu Khawatir Keramik Tergores”

  1. inf Says:

    waaaah thx ya, bisa milih2 buat keramik kamar jadinya ;D


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s