Lentera ARA

Keluarga Kecil yang Penuh dengan Kebahagian dan Berkah

Jika Ingin Memiliki Momongan July 4, 2007

Filed under: Health and Beauty — lenteraara @ 02:54

Memang  beberapa pasangan dikaruniai anak dalam waktu cepat dan ada pula yang tidak, meski kedua pasangan dalam kondisi sehat. Oleh karena itu, beberapa informasi ini menjadi salah satu bekal utama saat memasuki dunia pernikahan.

Masa Subur

Masa subur tiap perempuan berbeda-beda, tergantung dari siklus haid. Siklus haid yang normal adalah 21-37 hari, dimana masa subur bisa dihitung 14 hari dari sebelum masa haid berikutnya. Apabila siklus haid kurang dari 21 hari atau tidak teratur, memang sulit untuk menghitung masa subur. Jika mengalami hal ini, jangan ragu untuk konsultasi dengan dokter. Pasalnya, hubungan seksual yang berlangsung selama masa subur inilah yang meningkatkan kemungkinan terjadinya kehamilan.

Frekuensi Hubungan

Banyak yang berpendapat, semakin sering melakukan semakin tinggi kemungkinan terjadinya kehamilan. Padahal, bukan dari frekuensinya saja yang diperhatikan, namun kualitas dan kuantitas produksi spermanya. Lebih baik melakukan hubungan seksual yang teratur, sekitar dua kali seminggu. Jika terlalu sering, kuantitas dan kualitas sel sperma akan menurun, dimana ketika masa subur perempuan tiba, justru sel sperma-tozoa sedang dalam keadaan tidak normal sehingga tidak terjadi pembuahan terhadap sel telur seperti yang diinginkan. Melakukan hubungan seksual hanya sekali dalam seminggupun masih memungkinkan terjadinya kehamilan asalkan dilakukan dimasa subur.

Menjaga Stamina

Menjaga stamina tubuh merupakan faktor lain yang tidak kalah penting demi kesehatan kedua pasangan. Untuk itu, lakukanlah olahraga secara rutin yang juga dapat membantu membuang racun serta relaksasi pikiran, sehingga mengusir stress yang secara tidak langsung juga dapat mempengaruhi produksi sel sperma dan sel telur.
      Asupan makananpun perlu diperhatikan dengan baik. Tak perlu melakukan diet ketat demi kesehatan tubuh, asal hindari rokok, alcohol, ataupun kondisi badan yang terlalu lelah.

Konsultasi Ke Dokter

Jika sudah tidak sabar ingin segera menimang momongan, sementara kehamilan tak juga terjadi, segera konsultasi ke dokter untuk mengetahui penyebab lebih lanjutnya. Tak ada salahnya pula sebelum peoses tersebut melakukan tes TORCH untuk mengetahui ada-tidaknya virus yang berbahaya di dalam tubuh ibu dan janin, seperti toksoplasma.
     Berbagai pemeriksaaan lainpun bisa dilakukan, baik pada pasangan perempuan maupun laki-laki, untuk mengetahui ada-tidaknya kelainan di kedua pihak dan bisa segera ditangani sebelum terlambat. Patut diketahui, usai muda pun tidak luput dari adanya gangguan kesuburan yang bias disebabkan berbagai hal.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s