Lentera ARA

Keluarga Kecil yang Penuh dengan Kebahagian dan Berkah

Balado ala Yang Ti January 15, 2008

Filed under: Resep — lenteraara @ 09:32

belado-tomat-blog.jpg

Ayah paling senang masakan balado, baik balado ikan atau udang. Tapi bunda paling males ngegiling tomatnya, kalo pake blander kok kurang sreg ya karena terlalu halus. Waktu eyang ti di rumah pernah bikinin balado ikan tapi tomatnya cuma di potong2, lalu di tumis, ternyata akhirnya seperti belado yang tomatnya di giling hanya agak sedikit lebih kasar, wah boleh juga neh trik-nya yang ti. Jadi waktu bunda bikin makan siang bunda coba bikinin balado ikan teri pake kentang dan pete dengan cara yang ti.

Bahan:
• Ikan teri / ikan lainnya bisa juga udang
• Kentang
• Pete
• Bawang putih
• Tomat
• Garam
• Gula pasir

Cara membuat:
• Kentang dipotong kotak-kotak kecil lalu di goreng, juga dengan terinya di goreng kering dan pete di goreng setengah matang
• Tomat dipotong-potong
• Tumis bawang putih sampai harum lalu masukkan potongan tomat dan ditumis hingga tomat hancur
• Tambahkan garam dan gula sedikit sesuai selesa (sebagai pengganti penyedap)
• Setelah tomat hancur masukkan pete dan kentang
• Setelah agak kental matikan api dan dinginkan
• Setelah dingin masukkan ikan teri dan diaduk-aduk hingga rata

Taram … jadi deh balado ikan teri ala yang ti ….

Tips: teri dimasukkan setelah balado dingin agar tidak menjadi lunak, teri tetap kering dan garing

 

2 Responses to “Balado ala Yang Ti”

  1. ventin Says:

    salam kenal mbak….
    wah mbak…itu balado sama enaknya ya ma balado yg bumbu diuleg. pengen coba nih, abis di perantauan ga punya cobek+ulegan nih…
    boleh aku add ya blognya thanks

  2. lenteraara Says:

    salam kenal juga mbak ….
    iya kok rasanya nggak beda jauh, hanya waktu numis tomatnya sebaiknya api kecil saja jadi tomat bisa hancur sempurna & tidak gosong
    … silahkan mencoba


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s