Lentera ARA

Keluarga Kecil yang Penuh dengan Kebahagian dan Berkah

Sop Tahu January 15, 2008

Filed under: Resep — lenteraara @ 08:46

sop-tahu-blog.jpgKemarin bunda telephone ke pak Heru Totong tukang AC untuk memperbaiki AC, karena AC di kamar bunda yang baru di pasang saat pindahan rumah kemarin kok tidak dingin. Lalu hari Minggu pak Totong datang dengan rekannya membetulkan AC.

Saat pak Totong bekerja bunda sedang mempersiapkan bahan-bahan buat makan siang, pak Totong yang kebetulan emang pakar memasak menawarkan untuk membuatkan sop tahu (karena saat itu kebetulan terlihat ada tahu di dapur dan bunda rencananya Cuma mau di goreng aja). Wah bunda senang-senang saja.

Setelah AC selesai dikerjakan dan rekannya ngobrol dengan ayah tentang rencana merapikan kabel listrik di atap rumah, pak Totong lalu mengambil alih meja dapur, dan bunda cuma bisa liatin sambil inget2 apa yang dilakukan pak Totong dan terakhir buru-buru ambil kamera ketika masakan telah selesai dan siap saji ( wah .. kenapa nggak dari tadi ya ambil kameranya untuk merekam moment memasak dari pak Totong..). Ternyata pak Totong benar2 trampil dan cihuy … bunda dapet banyak tips memasak, dari posisi jari saat memotong bahan-bahan makanan, membikin kaldu yang jernih airnya dengan memasukkan kulit wortel dan kentang serta membuat pengganti bawang goreng dengan “poya” yaitu kerupuk udang dan bawang putih digoreng lalu ditumbuk hingga hancur. Wah trims banget ya pak … senang deh diajarin masak dan yang jelas udah nggak usah repot-repot memasak buat menu makan siang kita..suhu-memasak-pak-heru-blog.jpg

Ini resep Sop Tahu dari pak Totong

Bahan:
• tahu cina/putih/bandung
• wortel
• kentang
• kembang kol
• telur
• daging ayam
• tulang ayam

Bumbu-bumbu:
• bawang putih
• bawang bombay
• merica
• garam
• jahe
• daun sop
• daun bawang

Cara membuat:
• kaldu ayam
1. rebus tulang ayam dengan bawang putih yang dikeprek
2. tambahkan garam secukupnya dan kulit wortel serta kentang yang telah dicuci
3. biarkan hingga mendidih lalu airnya di saring agar terpisah dari kulit wortel & kentang
• sop tahu
1. bawang putih di keprek lalu dicincang
2. bawang bombay dirajang halus
3. bawang putih dan bawang bombay di tumis hingga wangi, masukkan jahe yang sudah dikeprek, lalu masukkan tahu yang di potong-potong kotak kecil, wortel, kentang & kembang kol
4. masukkan daging ayam yang di rajang kecil-kecil
5. tuang air kaldu yang sudah disaring
6. tambahkan garam dan lada sesuai selera
7. masukkan telur lalu diaduk-anduk sampai hancur
8. masukkan daun sop & daun bawang

Jadi deh sop tahu siap saji dan dengan ditaburin poya diatasnya … wah rasanya maknyos !!!!

sop-tahu-1-blog.jpg

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s